Ekonomi

Percepatan SDGs Desa, Mendes PDTT RI Akan Terus Tingkatkan SDM Desa 

Selasa, 16 Februari 2021 - 16:28
Percepatan SDGs Desa, Mendes PDTT RI Akan Terus Tingkatkan SDM Desa  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar saat menggelar konferensi pers virtual dengan sejumlah awak media di Jakarta (foto: Dokumen/Kemendes PDTT)

TIMES MANADO, JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Mendes PDTT RI), Abdul Halim Iskandar, berkomitmen untuk membangun desa dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) desa yang baik.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Menteri ini, yang dimaksud SDM desa meliputi kepala desa, perangkat desa, pendamping desa, dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Mendes PDTT RI 2

Dia menambahkan, kepala desa dan pendamping desa sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Sehingga, perlu dilakukan briefing khusus bagi mereka.

"Karena tuntutan untuk percepatan pembangunan berbasis SDGs Desa ini sangat kuat, maka tidak ada pilihan bagi Kemendes selain harus meningkatkan kapasitas pendamping desa," kata Gus Menteri dalam konferensi pers virtual dari Kantor Kemendes PDTT di Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Kemudian, beberapa hal yang akan ditingkatkan dalam upaya meningkatkan kapasitas pemerintahan desa, yakni pelatihan ulang pendamping dalam pemutakhiran data tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Suistanable Development Goals (SDGs) Desa.

Mendes PDTT RI 3

Selanjutnya, penerima penghargaan Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini juga mengatakan, saat ini program tersebut sedang berjalan di lapangan. Secara bertahap, di beberapa desa seluruh Indonesia mulai dilaksanakan pendampingan. Mereka diajari cara menggunakan aplikasi digital untuk memasarkan produk desa.

Dia berharap, dari program ini banyak produk-produk desa Indonesia laku di pasar internasional secara minimalnya secara online. Sehingga, dia yakin dari program ini Indonesia akan maju jika desanya ikut maju. "Ini sedang berjalan, baik melalui virtual, YouTube, tutorial, dan komunikasi personal, karena kita juga ada tim Sapa Desa," ucap Mendes PDTT RI, Abdul Halim Iskandar. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Manado just now

Welcome to TIMES Manado

TIMES Manado is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.